banner ad

AKADEMIK

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta berada di kampus II UNISRI yaitu Jalan Sumpah Pemuda No. 18 Joglo Kadipiro Surakarta, Telp : 0271-851204, Fax : 0271-851204/854270.

Untuk menuju ke kampus, dari dalam maupun dari luar kota dapat ditempuh dengan mudah karena lokasi kampus memang strategis, dekat terminal bis Tirtonadi, sehingga dengan sarana transportasi angkutan umum (06) dapat sampai di depan kampus.

1.   Fasilitas pendidikan

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Slamet Riyadi telah berpindah ke gedung baru mulai Juni 2004 dan telah merintis serta menambah pengadaan beberapa fasilitas penting untuk menunjang proses pembelajaran yang memadai yaitu ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, ruang pengelola, tenaga edukatif dan tenaga non edukatif, dan lain-lain.

2.   Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Slamet Riyadi menyediakan koleksi buku teks, laporan penelitian, skripsi, jurnal, makalah seminar, prosiding seminar, kliping, hand out kuliah, majalah ilmiah dan lain-lain. Koleksi perpustakaan tersebut lebih diprioritaskan pada hasil-hasil penelitian seperti jurnal ataupun abstrak. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa saat akan mengambil skripsi, sehingga mereka akan memperoleh banyak wawasan dari hasil penelitian tersebut untuk dapat dikembangkan lebih sebagai bahan skripsinya.

Dikarenakan jumlah buku yang belum mencukupi maka koleksi perpustakaan baru dapat dibaca di tempat saja dan belum bisa dipinjamkan.

3.   Ruang kuliah

Untuk menyelenggarakan perkuliahan tersedia 3 ruang kuliah. Namun demikian dengan sudah diterapkannya sistem sentralisasi oleh Universitas sejak tahun 2008, maka Fakultas dapat memakai ruang manapun di Universitas, tentunya dengan mempertimbangkan kemudahan bagi Fakultas untuk mengakses ruang tersebut.

4.   Ruang laboratorium

Laboratorium merupakan fasilitas pendukung berkembangnya ilmu dan teknologi khususnya dalam meningkatkan ketrampilan motorik para mahasiswa. Saat ini Fakultas Teknologi Pertanian memiliki empat buah laboratorium program studi yakni laboratorium Biokimia dan Gizi Pangan,  Mikrobiologi Pangan,  laboratorium Rekayasa Proses Pengolahan (untuk pelaksanaan praktikum Teknologi Tepat Guna Pengolahan Pangan),  dan laboratorium komputer. Laboratorium rekayasa proses pengolahan digunakan juga untuk untuk merintis suatu usaha agroindustri.

 

5.   Ruang pimpinan, administrasi  dan DEM 

Dekan Fakultas menempati ruang tersendiri yang dilengkapi dengan ruang tamu pimpinan. Wakil Dekan juga telah memiliki ruang tersendiri. Ruang Dekan dan WakilDekan berada dalam satu gedung dengan ruang dosen tetap Fakultas, ruang tata usaha dan ruang tamu umum.

Terdapat juga ruang khusus/kantor untuk kegiatan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM), sehingga para mahasiswa dapat melakukan program-programnya dengan leluasa. Pada saat ini DEM telah memiliki fasilitas komputer, printer, dan televisi yang diperoleh atas usaha sendiri (swadaya)

6.   Fasilitas pendukung lain

Ditingkat Universitas para mahasiswa, dosen & karyawan di Fakultas Teknologi Pertanian khususnya dan tingkat Universitas memperoleh fasilitas perawatan kesehatan secara gratis dengan adanya poliklinik di kampus. Sementara untuk kesejahteraan dosen serta karyawan UNISRI telah memiliki Koperasi Karyawan.

Terdapat juga fasilitas untuk berbagai kegiatan kemahasiswaaan seperti olah raga, wall climbing, pecinta alam, kesenian dan lain-lain.