Mahasiswa FATIPA Kunjungi PG Tasikmadu Karanganyar

tasikmaduSebanyak 40 mahasiswa dan beberapa dosen FATIPA melakukan kunjungan industri di PG. Tasikmadu Karanganyar. Pabrik gula ini merupakan salah satu bagian dari perusahaan negara PTPN IX. Kunjungan ini merupakan salah satu program FATIPA dalam mengenalkan salah satu industri pangan kepada mahasiswa.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa mempelajari berbagai hal tentang proses pembuatan gula pasir dari awal saat bahan baku berupa tebu masuk ke pabrik gula hingga akhir proses yaitu pengepakan gula pasir dalam karung. Mahasiswa juga mempelajari bagaimana pabrik menjalankan berbagai proses tersebut menggunakan tenaga uap yang dihasilkan oleh ketel uap dengan bahan bakar dari ampas tebu.

Berbagai proses tersebut sebenarnya telah dipelajari oleh mahasiswa dalam banyak mata kuliah seperti mata kuliah Satuan Operasi, Alat dan Mesin Pengolahan, Teknologi Proses Pengolahan dan Teknologi Hasil Perkebunan. Setiap mata kuliah mempelajari sisi – sisi yang berbeda dari setiap proses dalam industri pangan yang salah satunya adalah pengolahan gula. Dengan kunjungan ini mahasiswa dapat secara langsung memahami penerapan dari teori yang selama ini dipelajari.

Kunjungan industri yang dilakukan mahasiswa merupakan program rutin FATIPA agar mahasiswa memperoleh banyak wawsan baik secara teoritis maupun praktek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *