Pelatihan Pembuatan Mie Singkong di Kepyar Wonogiri

kepyar wonogiriDosen Fatipa Unisri, Akhmad Mustofa dan 2 orang mahasiswa Fatipa melakukan pengabdian masyarakat di desa Kepyar Purwantoro Wonogiri. Mereka memberikan pelatihan pembuatan mie basah berbahan baku terigu yang disubstitusi dengan tepung gaplek dan tepung tapioka. Pengabdian ini dilakukan atas undangan dari Dewan Riset Daerah (DRD) Wonogiri yang bekerjasama dengan Dinas Litbang Kabupaten Wonogiri dan Litbang Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Kepyar yang berada di Kecamatan Purwantoro Wonogiri merupakan salah satu dari 5 desa termiskin di Kabupaten Wonogiri menurut data tahun 2012 yang lalu (http://www.solopos.com/2012/05/21/5-desa-di-wonogiri-masuk-kategori-paling-miskin-187427). Untuk itu desa ini memerlukan banyak stimulasi terhadap masyarakatnya agar mereka dapat bangkit untuk mengembangkan potensi yang ada dan keluar dari kemiskinan.

Tim pengabdian Fatipa Unisri yang melihat Wonogiri sebagai sentra ketela pohon termasuk Kepyar, bersama tim DRD dan Litbangda memutuskan untuk memberikan pelatihan pembuatan mie basah. Hal ini tentunya mempertimbangkan juga tingkat kemudahan pembuatan mie basah dan kemudahan untuk memperoleh bahan baku serta sumber daya manusia yang ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *